Format Penulisan

1. Naskah merupakan tulisan asli yang belum pernah dipublikasikan oleh media manapun. Naskah yang ditulis untuk JSE merupakan karya ilmiah hasil penelitian lapangan atau laboratorium maupun kajian literatur di bidang teknik dan sains. Seluruh font yang digunakan adalah Times New Roman dengan format penulisan sebagai berikut:

a. Judul artikel 16 pts

b. Penulis dan sub judul 11 pts

c. Afiliasi, koresponden email dan artikel, 10 pts

d. untuk penulisan tabel,  spasi tunggal. Ukuran area kertas A4, dengan batas atas, bawah, kiri, kanan 2 cm, kolom tunggal. Jumlah halaman antara 9-14 halaman. Naskah dikirim dalam bentuk soft/copy (file *.doc) melalui e-mail serambiengineering@serambimekkah.ac.id atau mnizar.abdurrani@gmail.com

2. Afiliasi penulis harus dicantumkan di bawah judul meliputi nama lengkap tanpa gelar akademik, nama institusi, alamat institusi, dan mencantumkan media yang dapat di akses secara internasional (telp/fax/e-mail). Dalam hal naskah ditulis oleh tim, redaksi JSE hanya berhubungan dengan penulis utama yang namanya tercantum pada urutan pertama atau koresponden email.

3. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan judul tidak lebih dari 20 kata. Abstrak dalam bahasa Inggris dan Indonesia harus ada dengan panjang antara 100 – 150 kata. Kata kunci harus ada, terdiri dari 5-8 kata/frase dan dicantumkan dibawah abstrak.

4. Sistematika naskah adalah: Judul; identitas penulis; abstrak; kata kunci; pendahuluan; metodologi penelitian; hasiI dan pembahasan; kesimpulan; saran (jika perlu); referensi.

5. Naskah disajikan menggunakan penomoran untuk bab dan sub-bab dan disajikan dengan format essay dan tidak enumeratif.

6. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama, tahun). Daftar rujukan disusun dengan Harvard Referencing Style, dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis dan memakai jurnal manajer.

7. Gambar maupun tabel yang diacu harus mencantumkan rujukannya. Ilustrasi tersedia dalam format hitam putih seminimal mungkin menggunakan shading (greyscale) dan dengan kualitas gambar yang baik. Perujukan pada objek (gambar, tabel, kode, rumus, dll) menggunakan nomor.

8. Naskah akan ditelaah secara anonim oleh mitra bestari (reviewer) yang ditunjuk oleh redaksi menurut bidang kepakarannya. Penulis naskah diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi saran dari mitra bestari atau redaksi. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis via email.

9. Pemeriksaan dan penyuntingan dikerjakan oleh redaksi dan/atau dengan melibatkan penulis. Naskah yang sudah final dapat dibatalkan pemuatannya oleh redaksi jika diketahui bermasalah.

10. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis naskah, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggungjawab penuh penulis naskah tersebut.

Template for Serambi Engineering